MEDAN – PT PGN Tbk (PGN) selaku Subholding Gas Pertamina mempererat sinergi dengan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) selaku Subholding Commercial & Trading melalui kerja sama layanan pembayaran tagihan gas bumi melalui aplikasi My Pertamina.
PGN bersama PPN merealisasikan harapan pelanggan atas perluasan channel pembayaran tagihan gas bumi sekaligus harapan Pertamina selaku induk perusahaan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar Subholding.
Kerja sama disahkan dalam penandatanganan perjanjian kerja sama yang ditandatangani Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko dan Direktur Utama PPN Riva Siahaan.
Penandatanganan disaksikan Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution dan Komisaris Utama PGN Amien Sunaryadi bertepatan pada perayaan puncak HUT PGN ke-59 yang lalu.
“PGN juga terus melakukan penguatan digitalisasi dalam pengembangan produk dan layanan,” ujar Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko dalam keterangan tertulis yang dilansir, Selasa (10/9/2024).
Dikatakan, sebelumnya telah dilakukan integrasi layanan call center di Pertamina Call Center 135 yang dikelola PPN, sehingga seluruh pelanggan Pertamina Group akan mendapatkan layanan call center yang sama.
” Kerja sama kali ini melibatkan dua entitas, PGN dan PPN, untuk pemanfaatan aplikasi My Pertamina untuk layanan pelanggan PGN,” ujar Arief
Tidak terbatas pada fitur layanan pembayaran tagihan gas bumi, aplikasi MyPertamina diharapkan turut berperan sebagai sales & marketing platform yang efektif sekaligus menciptakan digital value transaction.
Dalam aplikasi juga tersedia informasi mengenai tagihan gas yang lampau bagi pelanggan PGN.
“PGN juga ingin memberikan apresiasi kepada pelanggan, sehingga menyediakan program-program customer loyalty di dalam aplikasi MyPertamina seperti point reward,” ungkapnya.
Program ini ditujukan agar memberikan dampak positif terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan gas PGN, sekaligus kesetiaannya dalam menggunakan aplikasi MyPertamina.
Pembayaran tagihan gas melalui aplikasi MyPertamina akan menambah kemudahan bagi pelanggan yang mencapai lebih dari 556.320 rumah tangga dan 2.017 pelanggan kecil untuk memenuhi kewajiban pembayarannya.
Tagihan pemakaian gas bulanan biasanya disampaikan melalui e-mail atau dapat dilihat melalui aplikasi PGN Mobile atau MyPertamina maupun menghubungi Pertamina Call Center 135 mulai tanggal 6 setiap bulannya.
Periode pembayaran tagihan gas bumi PGN adalah tanggal 6 – 20 di setiap bulan.
Adapun kemudahan pembayaran tagihan gas bumi saat ini sudah bisa melalui channel pembayaran MyPertamina, ATM Bank (Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, BSI, CIMB, Bank Lampung).
Kemudian Agen Pembayaran (PPOB), Pos Indonesia, Pegadaian, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, DanDan, e-commerce (Tokopedia, Mitra Tokopedia, Blibli dan Shopee), dan e-Wallet (Gopay, DANA, dan LinkAja).
Sepanjang 2023, Indeks Kepuasan Pelanggan PGN atau Customer Satisfaction Index (CSI) masuk kategori sangat baik.
Kerja sama dengan Subholding C&T menjadi upaya bersama untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan terbaik, serta menciptakan customer experience yang excellent. ( swisma)